Mau Ganti Ban, Perhatikan dulu Kode Berikut !

Assalamu'alaikum Sobat ZMB, Ban adalah salah satu komponen penting dari kendaraan, Ban digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan. 

Jenis Jenis Ban dapat dibagi menjadi 3 Jenis,


1. Ban Bias
Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.


2. Ban Radial
Ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt". Ban jenis ini hanya mengalami sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil.


3. Ban tube Type
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990. Ban tubeless adalah ban pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban pneumatik seperti biasanya. Ban tubeless memiliki tulang rusuk terus menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban sehingga mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg roda logam.

Nah, jika sobat ZMB merasa sudah menginginkan untuk ganti ban, sebaiknya perhatikan dulu kode berikut, karena tidak sedikit penjual Ban selalu mengatakan ban ini ban baru.
Pertama kita bisa lihat kode pembuatan ban yang terdapat pada ban yang akan kita beli, benarkah ban yang akan kita beli termasuk ban yang baru, atau ban lama yang tak terjual, jangan tergiur dengan harga miring, karena Ban adalah salah satu penyebab timbulnya laka lantas.
Kode produksi ban biasanya terdapat pada sisi ban, dengan jumlah angka 4 digit dalam satu area berbentuk silinder.
Kode produksi Ban diatas bertuliskan 3613 yang berarti 2 digit angka didepan menunjukan minggu ke 36, dan 2 digit angka dibelakang menunjukan tahun pembuatan, yakni 2013. Nah mungkin itu salah satu cara kita agar terhindar dari penyelewengan jual beli ban.
Ban juga memiliki umur tertentu, sehingga masih bisa dikatakan bagus, jika :
Usia pemakaian Ban tidak lebih dari 3 tahun, ban yang telah dipakai selama 3 tahun maka cenderung mengeras dan kehilangan elastisitasnya meskipun ban masih tebal akibat jarang dipakai. Akibatnya ban tidak lagi nyaman digunakan. Penggunaan ban tidak lebih dari 40.000 kilometer, meskipun ban baru setahun atau dua tahun akan tetapi jika pemakaian ban telah melebihi 40.000 kilometer itu artinya ban sudah selayaknya diganti. Untuk pemakaian normal biasanya 40.000 kilometer itu tercapai setelah 3-4 tahun. Kebanyakan mobil menyentuh 20.000 kilometer setelah 2 tahun.
ban dengan kualitas kurang bagus, biasanya akan menimbulkan benjolan ditapak ban, dan habis secara tidak merata dikarenakan kurangnya asupan angin pada ban.
Ketebalan tapak ban tidak boleh melebihi batas minimum segitiga TWI atau garis luar pada sisi ban seperti gambar diatas, karena batas tersebut sudah merupakan jarak yang tipis pada permukaan ban, segitiga TWI ini bisa dilihat pada gambar berikut.
Nah mungkin itu tips dan trik kita agar lebih hati hati membeli ban, dan cara mengetahui umur ban.

Semoga Bermanfaat.
Mau Ganti Ban, Perhatikan dulu Kode Berikut ! Mau Ganti Ban, Perhatikan dulu Kode Berikut ! Reviewed by Jeff_ZMB on March 10, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.